Makanan Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah kondisi dimana adanya infeksi sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan pada usus buntu, dan makanan menjadi salah satu faktoir penyebab munculnya penyakit tersebut, apa saja makanan tersebut ? berikut ini adalah daftar makanan penyebab usus buntu yang perlu dikurangi atau bahkan tidak dikonsumsi agar terbebas dari gangguan radang usus buntu.

Makanan Penyebab Usus Buntu

Makanan Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah kondisi dimana membengkak usus buntu ( apendiks ) yakni organ berbentuk kantong kecil dan tipis dengan ukuran 5-10 cm yang terhubung pada usus besar akibat peradangan.

Usus buntu bisa terjadi pada siapa sajadengan berbagai usia, akan tetapi radang usus buntu lebih sering terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun.

Dan yang perlu diperhatikan adalah jika penyakit usus buntu tidak mendapatkan penanganan yang serius maka bisa memicu timbulnya komplikasi serius yakni berupa peradangan jaring tipis pada perut hingga abses yakni kantong berisi nanah yang terasa sakit.

Gejala khas dari penyakit usus buntu adalah penderita akan mengalami sakit perut yang bermula pada bagian tengah perut, rasa sakit tersebut hilang timbul lalu selang beberapa jam sakit pindah ke perut bagian bawah tepat di bagian usus buntu sebelum akhirnya bertambah parah dan terasa sakit terus menerus.

Rasa sakit juga akan terasa semakin menjad jika perut ditekan atau tertekan, begitu juga saat penderita batuk atau berjalan. Selain itu penderita juga dapat mengalami beberapa gejala lain yakni :

  • Kehilangan nafsu makan.
  • Perut kembung.
  • Tidak bisa buang gas.
  • Mual dan muntah.
  • Konstipasi atau diare.
  • Demam.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti akan timbulnya penyakit radang usus buntu, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul salah satunya adalah makanan.

Dan berikut ini adalah beberapa makanan penyebab usus buntu yang bisa memicu dan membuat parah penyakit usus buntu jika dikonsumsi, yakni :

1. Makanan Pedas

Bagi anda yang sering mengkonsumsi atau tidak bisa terlepas dari makana pedas bercabe maka anda lebih beresiko terkena penyakit usus buntu karena jika biji cabe yang dikonsumsi tidak hancur maka dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyumbat usus buntu.

Selain itu makanan pedas juga bisa menyebabkan kondisi lain yang membuat kita merada tidak nyaman sehingga makanan pedas sangat pantang dikonsumsi oleh seseorang yang tengah mengalami gejala usus buntu.

Makanan pedas juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang ditandai dengan timbulnya rasa sakit parah di daerah antara tulang dada dan pusar, disertai dengan mual. Rasa sakit dapat menjadi sangat tidak nyaman, yang mungkin sulit dibedakan dengan gejala usus buntu.

2. Makanan Rendah Serat

Hasil study menunjukan bahwa sebagian besar orang yang menderita penyakit usus buntu kekurangan asupan serat dan sebaliknya orang yang memiliki persentasi asupan serat lebih dari 50% memiliki resiko rendah terkena gangguan usus buntu.

Contoh makanan yang memiliki rendah serat adalah makanan cepat saji seperti mie instan dll.

Selain itu orang yang sering mengkonsumsi makanan manis juga beresiko terkena usus buntu karena makanan tinggi gula bisa menyebabkan sembelit dan meningkatkan pemaparan infeksi yang bisa memicu timbulnya penyakit usus buntu.

3. Pisang Muda

Berbeda dengan pisang yang sudah matang yang justru baik untuk pencernaan, pisang muda jika dikonsumsi bisa memicu timbulnya radang usus karena bisa menyebabkan konstipasi.

Hal tersebut karena pisang muda memiliki kandungan zat tepung yang sulit dicerna serta kandungan seray pectin yang akan menyerap air dalam saluran cerna.

4. Permen Karet

Permen karet yang tertelan dalam waktu berdekatan bisa menimbulkan masalah pencernaan apalagi jika dibarengi dengan konsumsi makanan yang sulit dicerna seperti biji-bijian keras.

Salah satu masalah pencernaan yang bisa muncul adalah peradangan usus buntu.

5. Kafein

Makanan berkafein seperti kopi, teh, cola dan cokelat dalah beberapa contoh makanan penyebab usus buntu, utamanya jika dikonsumsi dalam kondisi dehidari.

Hal tersebut karena makanan berkafein jika dikonsumsi pada saat dehidrasi bisa memicu pembentukan feses keras sehingga memicu sembelit.

6. Gluten

Gluten merupakan protein yang biasa terdapat pada gandum dan barley, protein ini pada sebagian kasus bisa menimbulkan masalah pada pencernaan berupa sembelit yang bisa memicu timbulnya usus buntu.

7. Kesemek

Kesemek merupakan salah satu makanan penyebab usus buntu utamanya jika buah kesemek yang dimakan masih muda, hal tersebut karena kesemek muda bisa memperlambat pergerakan makanan di usus sehingga menyebabkan timbulnya sembelit.

8. Daging Merah

Daging merah mengandung lemak dan zat besi tinggi yang mana kandungan tersebut bisa membuat makanan lebih lama dicerna usus, akibat proses mencerna makanan yang lebih lama maka bisa menyebabkan sembelit yang meningkatkan resiko terjadinya peradangan pada usus buntu.

9. Produk Olahan Susu

Kebanyak mengkonsumsi maknan olahan susu seperti keju, yogurt dan eskrim juga bisa menyebabkan sembelit yang dapat memicu terjadinya peradangan usus buntu. Hal tersebut karena makanan tersebut mengandung banyal laktosa yang bisa menyebabkan peningkatan gas dalam usus.

10. Alkohol

Mirip dengan kafein alkohol juga bisa memicu terjadinya peradangan pada usus buntu karena alkohol diketahui dapat menyebabkan dehidrasi dan memperlambat mencerna makanan serta dapat mengiritasi usus.

11. Beberapa Suplemen Makanan

Suplemen kalsium dan zat besi dipercayai dapat memicu terjadinya konstipasi yang jika terjadi dalam waktu cukup lama bisa menyebabkan usus buntu.

Nah, itulah beberapa contoh makanan penyebabu usus buntu yang mulai saat ini harus dikurangi dan dihindari dikonsumsi secara belebihan agar kita terhindari dari penyakit usus buntu, dimana penyakit usus buntuk kronis bisa mengantarkan penderitanya ke meja operasi yang tidaklah murah.

Demikianlah informasi tentang makanan penyebab usus buntu ini semoga informasi singkat yang kami berikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *