Perut Terasa Perih Setelah Makan

Apakah anda mengalami atau merasakan keluhan perut terasa perih setelah makan ? jika iya besar kemungkinan pencernaan anda mengalami gangguan,jangan abaikan segera atasi sebelum semuanya menjadi lebih parah dan menyiksa.

perut terasa perih setelah makan

Penyebab Perut Terasa Perih Setelah Makan

Secara umum timbulnya keluhan perut terasa perih setelah makanan dipicu oleh adanya gangguan pencernaan yang membuat sulit untuk mencerna makanan dengan baik.Penyebab berbagai macam atau suatu kondisi medis tertentu.

Akan tetapi disamping itu makanan yang kita makan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya perih atau sakit para perut.

Namun jika anda mengalami rasa perih setelah makan yang sering maka besar kemungkinan penyebabnya adalah gangguan pencernaan dan merupakan gejala suatu penyakit yang memerlukan perhatian medis dan pengobatan sehingga jangan dibiarkan.

Nah lalu ganguan pencernaan apa yang menjadi penyebab timbulnya rasa perih pada perut setelah makan ? berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Tukak Lambung Dan Tukak Duodenum

Tukak lambung ( luka pada lambung ) dan tukak duodenum ( luka pada usus 12 jari ) merupakan hal yang menjadi salah satu  penyebab timbulnya gejala sakit atau perih pada perut, selain itu seseorang yang mengalami luka pada lambung dan usus 12 jari ini juga akan mengalami gejala utama nyeri pada ulu hati.

Lalu bagaimana cara membedakan tukak lambung dan tukak duodenum tersebut ? jika perih atau sakit pada perut terjadi tak lama sealah makan maka besar kemungkinan disebabkan oleh tukak lambung,akan tetapi jika rasa perih atau sakit itu muncul setelah 2-3 jam setelah makan maka penyebabnya adalah tukak duodenum.

Sekarang bagaimana dengan rasa perih pada perut yang anda rasakan kini ?

GERD ( Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan )

Sealnjutnya yang menjadi penyebab timbunya rasa sakit dan perih pada perut setelah makan adalah GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease ) yakni kondisi dimana naiknya asam lambung ke kerongkongan.

GERD merupakan ganggun pencernaan yang secara umum sering terjadi dan diderita oleh masyarat.Salah satu tanda atau gejala dari penyaki GERD ini ialah timbulnya rasa sakit dan perih pada perut sebagai akibat dari asam lambung yang mengenai dinding lambung.

Selain rasa perih dan sakit pada perut utamanya setelah makan seseorang yang terkena GERD juga akan mengalami mual disertai perut begah, rasa terbakar pada dada atau panas pada perut dan nyeri pada ulu hati.

Nah jika timbulnya rasa perut perih setelah makan disertai beberapa gejala tersebut maka sudah bisa dipastikan penyebabnya adalah GERD.

Apapun penyebab dari timbulnya rasa perih pada perut setelah makanan segera atasi dan obati sebelumnya semua terlambat dan menimbulkan komplikasi.Selain itu hal tersebut tentunya akan membuat anda tidak nyaman dan menderita.

Anda perlu ini : Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan

Demikianlah informasi tentang perut terasa perih setelah makan dan penyebabnya ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini jangan lupa bagikan jika dirasa artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *